Jurnal Akbid RSPAD Gatot Soebroto


Jurnal Ilmiah Kebidanan

ISSN NO 2089-6751

Latar Belakang : Angka kematian ibu merupakan indikator yang paling penting untuk menilai derajat kesehatan suatu negara. Angka Kematian Ibu di indonesia masih tinggi yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu digolongkan menjadi kematian obstetri langsung, kematian obstetri tidak langsung, dan kematian yang terjadi bersamaan tetapi tidak berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Kematian obstetri langsung disebabkan oleh komplikasi kehamilan, persalinan, nifas atau penanganannya. Di Negara-negara berkembang sebagian besar penyebab kematian dikarenakan oleh perdarahan, infeksi, gestosis dan abortus.Perdarahan merupakan faktor penyebab tertinggi angka kematian ibu di indonesia, salah satu faktor yang dapat menyebabkan perdarahan adalah abortus,  Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram.

Tujuan Penelitia : untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian ibu hamil dengan abortus inkomplit di RB Hidayat Bekasi Periode Februari sd Agustus 2017 berdasarkan usia, paritas, pekerjaan dan riwayat abortus.

Jenis Penelitian : jenis penelitian ini deskriptif analitik, dengan menggunakan 49 sampel. Instrument yang digunakan adalah Lembar ceklist.

Hasil penelitian : berdasarkan trimester kehamilan trimester I yaitu 41 responden (83,7%), usia (20-35) tahun yaitu 32 responden (65,3%), pekerjaan yaitu pada responden yang tidak bekerja 34 responden (69,4%), paritas yaitu pada multigravida 34 responden (69,45), riwayat abortus yaitu rsponden yang tidak memiliki riwayat abortus 36 responden (73,5%). Hasil uji statistik diperoleh nilai p > 0,05 pada variable nilai OR Usia 0,864, Pekerjaan 0,276, Paritas 0,257,  riwayat abortus 0,247. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kejadian abortus inkomplit dengan variable yang diteliti.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Jurnal Kebidanan

ISSN NO : 2089-6751

ABSTRAK

Latar Belakang : Angka kematian ibu merupakan indikator yang paling penting untuk menilai derajat kesehatan suatu negara. Angka Kematian Ibu di indonesia masih tinggi yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu digolongkan menjadi kematian obstetri langsung, kematian obstetri tidak langsung, dan kematian yang terjadi bersamaan tetapi tidak berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Kematian obstetri langsung disebabkan oleh komplikasi kehamilan, persalinan, nifas atau penanganannya. Di Negara-negara berkembang sebagian besar penyebab kematian dikarenakan oleh perdarahan, infeksi, gestosis dan abortus.Perdarahan merupakan faktor penyebab tertinggi angka kematian ibu di indonesia, salah satu faktor yang dapat menyebabkan perdarahan adalah abortus, Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan dan sebagai batasan digunakan kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram. Tujuan Penelitia : untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian ibu hamil dengan abortus inkomplit di RB Hidayat Bekasi Periode Februari sd Agustus 2017 berdasarkan usia, paritas, pekerjaan dan riwayat abortus. Jenis Penelitian : jenis penelitian ini deskriptif analitik, dengan menggunakan 49 sampel. Instrument yang digunakan adalah Lembar ceklist. Hasil penelitian : berdasarkan trimester kehamilan trimester I yaitu 41 responden (83,7%), usia (20-35) tahun yaitu 32 responden (65,3%), pekerjaan yaitu pada responden yang tidak bekerja 34 responden (69,4%), paritas yaitu pada multigravida 34 responden (69,45), riwayat abortus yaitu rsponden yang tidak memiliki riwayat abortus 36 responden (73,5%). Hasil uji statistik diperoleh nilai p > 0,05 pada variable nilai OR Usia 0,864, Pekerjaan 0,276, Paritas 0,257, riwayat abortus 0,247. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara kejadian abortus inkomplit dengan variable yang diteliti. Kata kunci : Abortus Inkomplit Daftar Pustaka : 13 buku + 7 situs internet Tahun : 2005 – 2014

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar